Minggu, 14/07/2013 - 12:00 WIB
Lebong Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

480 Hektar Jeruk Gerga Dikembangkan

TUBEI,BE – Dirjen Hortikultura Deptan dan Pemkab Lebong, tahun ini akan mengembangkan jeruk gerga di lahan seluas 480 hektar.
Rinciannya 280 hektar program Dirjen PSP dan Pemkab Lebong dan 200 hektar dari Dirjen Holtikultura Deptan.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lebong Ir Rudi Pancawarman kepada wartawan kemarin di ruang kerjanya.
“Tahun ini kita kembali mendapatkan bantuan progam dari Kementrian Pertanian, dimana untuk pengembangan 200 hektar jeruk gerga didanai seluruhnya oleh Dirjen Hortikultura, baik berupa penyiapan lahan, bibit maupun sarana produksi berupa bibit dan racun. Sedangkan 280 hektar lagi daru Pemkab dengan menyediakan bibit dan sebagian saprodi sedangkan untuk penyiapan lahan dan sebagian saprodi didanai Kementrian Pertanian,” kata Rudi.
Dijelaskan Rudi, program ini dijalankan oleh kelompok tani. Poktan ini diselekse DPKP. “Proses pengecekan ketersediaan lahan maupun kebenaran kelompok sudah kita lakukan, mudah-mudahan dalam waktu dekat proses penyaluran bantuan sudah bisa dilakukan. Targetnya hingga akhir desember tahun ini pengembangan jeruk gerga ini bisa dilakukan,” jelas Rudi.
Selain itu, pengembangan jeruk gerga ini masih difokuskan di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kecamatan Topos. “Kondisi tanah di 2 kecamatan tersebut cukup baik untuk pengembangan jeruk gerga ini. Hal ini sudah terbukti dengan jeruk yang telah berproduksi. Kita juga memprogramkan wilayah tersebut menjadi sentra jeruk untuk kabupaten Lebong,” pungkas Rudi.(777)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× dua = 14

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved