47 SMP Siap Unas

TAIS, BE– Sebanyak 47 SMP di Kabupaten Seluma saat ini mulai mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional (Unas) untuk tingkat SMP yang akan diselenggarakan 4 Mei sampai 7 Mei mendatang. Sementara, soal UN sendiri diprediksi akan tiba pada 1 Mei atau 2 Mei mendatang, yang langsung diturunkan di Polres Seluma.

“Untuk soal UN SMP natinya tangah 1 dan 2 Mei Soal akan tiba dan langsung diamankan di Polres Seluma,” sampai Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim Spd melalui kabid Dikdas Airin Mpd kepda BE.

Sedangkan untuk jumlah peserta keseluruhannya telah disampaikan oleh masing-msing sekolah, yakni sebanyak 2.979 siswa. Dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 1.440 dan siswa perempuan sebanyak 1.539 siswa. Kendati demikian untuk soal Unas juga berkisar atas banyaknya siswa peserta UN sendiri. Dan diyakini akan dilebihkan mengingat dijadikan cadangan dalam pelaksanaan Unas.

“Jumlah peserta dan naskan soal dan lembar jawaban akan berbeda dan diyakini akan dilebiohkan sebagai soal cadangan,” bebernya.

Mekanisme penjemputan naskan Soal dan lembar jawaban sendiri akan dilakukan di Polres Seluma, sehingga setiap sekolah dengan melibatkan UPTD masing-masing mendatangi Polres Seluma. Selesai berada dipolres jajaran UPTD berdasarkan lokasi akan mengambil soal untuk tetap diamankan di Polsek terdekat dengan sekolah masing-masing, sehingga panitia Unas cukup mendatangi polsek terdekat nantinya. Sedangkan untuk mengiriman naskah lembaran jawaban tetap akan mendapatkan pengawalan kepolisian.

“Untuk soal dan lembar jawaban tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya dan tetap dalam pengawalan kepolisian,” singkatnya.

Disisi lain, untuk UN SMP tidak menetapkan target kelulusan. Namun Kabid Dikdas mengharapkan agar seluruh siswa yang sudah terdaftar bisa memperoleh hasil yang terbaik dan bisa lulus SMP.(333)