40 Kepsek Dimutasi Sebelum Unas

BENTENG, BE – Belum jelasnya pelaksanaan mutasi Kepala Sekolah (Kepsek) dijajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi sorotan. Sebab, santer beredar informasi mutasi terhadap 40 orang kepala sekolah di Benteng bakal digelar sebelum Unas berlangsung.
Terkait hal tersebut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bengkulu Tengah Hasan Basri SSOs mengisyaratkan pelaksanaan mutasi akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan ujian nasional. “Daftarnya sudah di Baperjakat, kini tengah dalam proses pembahasan,” sebutnya.
Hasan mengakui jika pelaksanaan semestinya dilaskanakan sebelum pelaksanaan ujian nasional supaya tidak tergangu kestabilitasan managemen dimasing-masing sekolah, terutama untuk sekolah yang hingga saat ini masih dijabat pelaksana tugas (Plt).
Sayangnya Hasan tak bersedia menyebuat jumlah Kepsek yang akan dimutasi secara rinci, dengan alasan semuanya belum final karena masih dilaksanakan pembahasan oleh Baperjakat. Tetapi informasi yang diperoleh Bengkulu Ekspress setidaknya ada sekitar 40 orang jajaran Kepala Sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan dimutasi.
Wakil Ketua Komisi I DPRD Benteng Ir Sucipto mempertanyakan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Tengah bersama dengan jajaran terkait belum jelasnya pelaksanaan mutasi selama ini, padahal sudah didengungkan sejak awal tahun 2015 lalu. Keadaan itu tentunya menggangu kestabilitasan manajemen sekolah, karena selalu dihatui rasa terkenah mutasi. Kinerja kepala sekolah bisa terganggu. “Ya kita juga tidak habis pikir, mengapa belum dilaksanakan padahal kita sudah melakukan hearing dengan Dikbud beberapa waktu lalu. Mutasi memang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Benteng,” tegas Sucipto. (320)