38 Orang Resmi Daftar KIP

KIP
KIP

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pembukaan pendaftaran seleksi komisoner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Bengkulu telah dibuka sejak tanggal 25 Januari lalu dan resmi ditutup kemarin (7/2). Hasilnya, ada 38 orang calon komisioner KIP yang mendaftar dengan dibuktikan mengembalikan berkas pendaftaran. Dari 38 orang yang mendaftar, ternyata dari berbagi kalangan.

Mulai dari kalangan swasta, PNS, pensiunan PNS, wiraswasta, advokad, wartawan, guru, dosen, pendamping desa, anggota KPU, agen asuransi, komisioner KPI aktif, honorer, pembina yayasan hingga ibu rumah tangga.

“Yang mengambil formulir pendaftaran lebih dari 50 orang, tapi yang resmi mendaftar itu yang mengembalikan berkas,” ujar Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) KIP Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi kepada BE, kemarin (7/2).

Setelah menyerahkan berkas pendaftaran, Pansel akan melakukan tahapan selanjutnya dengan seleksi administrasi. Semua kelangkapan berkas akan diperiksa satu persatu oleh tim. Pemeriksaan berkas tersebut dilakukan dari tanggal 8 Februari sampai dengan tanggal 14 Februari.

“Jika memanuhi persyaratan, maka akan diumumkan yang lolos seleksi administrasi pada tanggal 15-17 Februari mendatang. Jadi sekaran kita periksa administrasinya terlebih dahulu,” paparnya.

Menurut Hamka, banyak syarat yang harus dilengkapi diberkas pendaftaran. Baik itu riwayat hidup, SKCK, bebas narkoba, belum pernah divonis penjara, sehat jasmani dan rohani dan berbagai syarat lainnya.

“Semua syaratnya harus dilengkapi, jiak tidak lengkap bisa tidak lolos,” tambahnya.

Setelah seleksi administrasi, dilanjutkan dengan tes propertes. Lalu ada tahapan masukan dan saran masyarakat, psikotes dan dinamika kelompok, wawacara dan penulisan makalah. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan hasil dan penyampaian hasil kepada gubernur.

“Pengumuman hasil ke gubernur itu kita serahkantanggal 11 April mendatang. Baru nanti ke DPRD untuk menentukan siapa komisoner KIP yang baru,” tandas Hamka. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*