32 MD Akibat Laka Lantas

ilustrasiSELUMA TIMUR, BENGKULU EKSPRESS – Sedikitnya 32 orang warga harus menemukan ajalnya meninggal dunia (MD) di jalan raya. Akibat mengalami kecelakaan berlalu lintas di Kabupaten Seluma, sepanjang 2017. Dengan total kerugian mencapai Rp 140.100.000 akibat peristiwa tersebut.

“Jumlah kecelakaan sebanyak 114 kejadian korban mengalami luka ringan 54 orang dan luka berat 28 orang,” ujar Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Paur Humas Ipda Agus kepada BE. Tingginya jumlah kejadian kecelakaan berlalu lintas tersebut, tidak lain di sebabkan oleh kelalaian pengemudi yang kurang berhati-hati dalam berkendara. Pengemudi yang belum layak serta belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah mengendarai kendaraan, belum paham rambu-rambu lalu lintas dan akibat kondisi jalan di wilayah Kabupaten Seluma saat ini yang masih jelek. Dari mulai Kecamatan Sukaraja sampai Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) banyak terdapat lobang di jalan. Sehingga mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan karena kendaraan jatuh saat melaju di lubang tersebut.
Faktor lainnya karena cuaca. Pasalnya, saat musim penghujan, ruas jalan menjadi licin, kemudian jalan banyak yang berbelok dan menanjak. Sehingga mengakibatkan kecelakaan.
“Apalagi ketika hujan kemudian lobang tergenang air, dan sulit terlihat. Selain itu juga karena bahaya longsor dan pohon tumbang yang juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di Kabupaten Seluma,” tegasnya.
Sebagai antisipasi hal tersebut, diperlukan pemasangan rambu-rambu jalan di lokasi jalan rusak dan berlobang, serta melakukan pendidikan tentang lalu lintas kepada masyarakat, termasuk ke sekolah. Dengan harapan mereka memahami pentingnya berkendara dengan baik dan mematuhi peratuan lalu lintas.
“Selain pengemudi harus berhati-hati, rambu-rambu juga harus menjadi perhatian pengemudi,”sampainya.(333)