3 Ruang Belajar MTs Lais Ludes Terbakar

Tampak 3 ruang kelas MTs di Desa Pal 30 Kecamatan Lais yang ludes terbakar sore kemarin (2/8).
Tampak 3 ruang kelas MTs di Desa Pal 30 Kecamatan Lais yang ludes terbakar sore kemarin (2/8).

LAIS, Bengkulu Ekspress- Peristiwa kebakaran kembali terjadi. Kali ini si jago merah menghanguskan 3 ruang kelas dan kantin di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 03 Lais. Peristiwa ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB sore kemarin (2/8). Sedangkan akibat kejadian ini, kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.
Kepala Kemenag Bengkulu Utara (BU) Drs H Zainal Abidin MH melalui Kasi Pendidikan Madrasah Sumardayakita SH membenarkan kejadian itu. Setelah mendapatkan kabar kebakaran di MTs Lais, ia langsung turun menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP).

‘’Iya memang terjadi kebakaran di 3 lokal ruang belajar. Tidak ada korban jiwa. Hanya saja bagian atap, meja dan kursi habis semua terbakar,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (2/8).
Kronologis kejadian berdasarkan data terhimbun, ketika itu para siswa siswi MTs sudah pulang dan proses belajar mengajar di sekolah telah selesai. Kemudian masyarakat yang berada tak jauh dari MTs melihat asap tebal yang datang dari arah ruangan belajar dibagian tengah. Sehingga masyarakat langsung berdatangan untuk melakukan pemadaman terhadap api tersebut. Namun lantaran banyaknya material kursi dan meja yang mudah terbakar membuat, api dengan cepat membesar dan membakar ketiga ruang kelas. ‘’Waktu kejadian tidak ada siapa-siapa di lokal, karena memang jam belajar sudah selesai dan para siswa sudah pulang,’’ ungkapnya.
Disinggung mengenai penyebab kebakaran, ia belum dapat memastikan. Apalagi pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan melakukan olah TKP. Namun menurutnya dugaan sementara api berasal dari Korseting listrik.

‘’Kepala sekolah masih diperiksa Polsek Lais. Penyebab pastinya kita belum tahu. Kerugian juga kita belum hitung totalnya berapa. Yang jelas 3 ruang kelas dan kantim terbakar semuanya,’’ terangnya.
Terpisah Kapolres BU AKBP Andhika Vishnu SIK melalui Kasat Reskrim AKP Jufri SIK menyebutkan kasus itu masih dalam penyelidikan Polsek Lais. Namun kuat dugaan api berasal dari Korseting listrik di salah satu bagian ruang kelas.

‘’Api sudah bisa dipadamkan. Total ruang kelas yang terbakar ada 3 ruangan dan 1 kantin yang berada dibelakang gedung juga ikut ludes terbakar. Sementara sumber api yang menyebabkan kebakaran itu terjadi masih kita selidiki,’’ pungkasnya.(816)