3 Pasar Segera Direvitalisasi

Pedagang Pasar Barokoto Resah Pembeli Sepi 1

BENGKULU, BE – Rencana Pemerintah Kota untuk merevitalisasi 3 pasar yakni Pasar Barukoto 1-2, Pasar Minggu dan Pasar Panorama, telah mendapat respon positif dari pemerintah pusat.  Pasalnya, pemerintah kota melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu telah mengusulkan anggaran, untuk merevitalisasi ketiga pasar tersebut kepada pemerintah pusat, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), maupun dana tugas pembantuan.
“Kita sudah mengusulkan ke pusat bahwa pasar kita itu perlu revitalisasi, baik Pasar Barukota, Pasar Minggu dan Pasar Panorama.  Nah, ketiga pasar itu kita usulkan baik dana DAK, Dtp,” kata Kepala Disperindag Kota, Erwan Syafrial.
Selain itu, Erwan juga menjelaskan bahwa untuk besaran nominal revitalisasi ketiga pasar tersebut bervariatif tergantung kebutuhan dan kondisi pasar itu sendiri.  Antara lain Pasar Barukoto 1 dan 2 sebesar Rp 18 miliar, sedangkan Pasar Minggu sebesar Rp 12 miliar, dan Pasar Panorama sebesar Rp 140 miliar. Hanya saja besaran nominal angka yang akan direalisasi pemerintah pusat tersebut, berdasarkan plafon anggaran yang diplot oleh pemerintah pusat.
“Pasar Panorama yang besar, sekitar Rp 140 miliar. Usulan kita ini sudah direspon pusat, tetapi itu berdasarkan anggaran mereka untuk menilai kelayakan daerah-daerah,” kata Erwan.
Diharapkannya, dengan segera direvitalisasinya 3 pasar di Kota Bengkulu tersebut dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan masyarakat Kota Bengkulu terhadap aktivitas jual beli di pasar, maka dengan demikian juga bisa menjadi penunjang dalam peningkatan retribusi pelayanan pasar. (805)