249 Mahasiswa Poltekes Cek Kesehatan Masyarakat

2. pkl poltekkes

BENTENG, BE – Kampus Poltekes Provinsi Bengkulu melakukan pengecekan kesehatan masyarakat Bengkulu Tengah dengan menerjunkan sebanyak 249 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakna dalam rangkat kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah.
Dijelaskan Direktur Poltekkes Gusti Miniarti S Kep, kegiatan PKL sendiri dilaksanakan dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mendapatkan data akurat mengenai kesehatan keluarga masyarakat, sehingga kedepan dapat dirumuskan persoalan kesehatan yang selalu dialami masyarakat selama ini. “Selama PKL ini mahasiswa akan mengumpulkan data kesehatan keluarga jadi semuanya akan mendatangi seluruh rumah penduduk untuk mendapatkan data yang akurat,” tegas Gusti.
Untuk itu Gusti berharap seluruh masyarakat yang dilaksanakan pendapat agar dapat menerima dan memberikan penjelasan dengan baik kepada para peserta PKL. Supaya data yang dikumpulkan mahasiswa nantinya dapat benar-benar akurat. “Jika datanya akurat maka dapat dilaksanakan perumusahan persoalan kesehatan yang dialami masyarakat. Kita harapkan kepada masyarakat untuk dapat memberikan informasi yang sesungguhnya,” terang Gusti.
Setelah pendataan, akan dilaksanakan musyawarah masyarakat desa untuk menentukan program kerja sesuai dengan potensi dengan dan dukungan masyarakat. Untuk itu, masyarakat, perangkat desa, tim penggerak PKK, Puskesmas dan Dinas kesehatan Benteng maupun lintas sektoral diminta menyukseskan kegiatan ini supaya dapat dilaksanakan praktik keperawatan dan kebidanan kominas keperawatan keluarga serta keperawatan gerontik di tengah masyarakat.
Bupati Benteng H Ferry Ramli SH MH yang remesmikan kegiatan itu menuturkan harapannya, agar kegiatan tersebut, dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dari masyarakat Bengkulu Tengah. Sehingga salah satu misi Benteng dapat terwujud dengan baik kedepannya.
Dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan dan pengembangan bidang pendidikan dan kesehatan. Pihaknya menyambut gembira kegiatan PKL Mahasiswa Poltekes tersebut, karena sebelumnya Poltekes Provinsi Bengkulu juga pernah bekerja sama dengan pemda Benteng dalam laboratorium komunitas selama dua tahun. “Masyarakat tidak hanya butuh perubahan dalam fisik semata, tetapi perubahan prilaku untuk menjaga pola hidup sehat juga harus dilaksanakan,” tutup Bupati. (320)