Ini Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan

Berbicara mengenai kesehatan, ternyata aktifitas kerohanian seperti berdoa juga bisa berpengaruh pada kesehatan kita. Hal ini sesuai dengan penelitian terbaru dimana praktik kerohanian dan agama bisa mengusir depresi dan menjauhkan seseorang dari berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat berdoa bagi tubuh Anda.

1. Menurunkan tingkat stres secara dramatis dan mencegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.

“Doa dan meditasi mampu menurunkan tingkat stres secara dramatis dan menurunkan denyut jantung, pernapasan, metabolisme dan tekanan darah Anda dan juga meningkatkan kapasitas pengambilan keputusan Anda dan konsentrasi,” kata peneliti yang mempelopori penemuan, Herbert Benson, MD, seperti dilasnir laman India Times, Rabu (28/10).

2. Menghilangkan racun yang disebabkan oleh stres.

Stres adalah nomor satu penyebab di balik akumulasi racun dalam tubuh. Nah dalam hal ini berdoa membantu menghilangkan penumpukan racun.

3. Mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa berdoa bisa mengurangi tekanan darah sebesar 40 persen.

4. Bahagia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa berdoa meningkatkan kadar dopamin di otak Anda. Dopamin adalah hormon yang berhubungan dengan kebahagiaan.

5. Mengurangi ego dan membuat Anda lebih rendah hati.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa berdoa memengaruhi area otak yang berhubungan dengan ego. Studi ini menyimpulkan bahwa berdoa mengurangi ego dan membuat Anda lebih rendah hati dan kurang serakah untuk hal-hal material.

6. Meningkatkan kekebalan.

Studi awal menunjukkan bahwa berdoa meningkatkan kekebalan Anda dengan mencegah beberapa penyakit ringan dan bahkan mengurangi gejala asma. Namun para peneliti belum mengetahui penyebab di balik efek ini. Berdoa juga membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengatasi penyakit jika Anda sakit.

7. Membuat Anda lebih optimis dan mengurangi risiko terkena depresi dan kecemasan.

Sebuah penelitian berbasis di Inggris menemukan bahwa orang yang jarang berdoa cenderung untuk mengembangkan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Berdoa di tempat ibadah membuat Anda menjadi orang yang lebih positif dan mengurangi risiko depresi.

8. Meningkatkan kontrol diri Anda.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda memiliki kontrol diri yang kurang ketika Anda lelah? Anda lebih mungkin untuk bertengkar dengan seseorang ketika Anda lelah dan Anda akan lebih mudah untuk menyerah pada sesuatu ketika Anda secara mental kelelahan. Nah, sebuah studi menemukan bahwa peserta yang mengatakan mereka yang berdoa sebelum mereka mengerjakan tugas yang melelahkan mental memiliki kontrol diri lebih banyak daripada mereka yang tidak.

9. Membantu Anda hidup lebih lama.

Berdoa tidak hanya membantu mencegah penyakit mematikan seperti serangan jantung dan diabetes namun juga membantu Anda menyembuhkan dan memulihkan secara lebih cepat. Secara keseluruhan berdoa mampu meningkatkan umur panjang.(fny/jpnn)