22 Puskesmas Diminta Sosialisasi Germas

GERMAS

TAS, BENGKULU EKSPRESS – Menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang diinstruksikan Kementerian Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma sudah meminta sebanyak 22 puskesmas di Kabupaten Seluma melakukan sosialisasi kepada masyarakat ini dimulai pekan depan. “Pentingnya disosialisasikan germas ini. Karena ada pergeseran penyakit sekarang ini. Bukan penyakit menular yang marak. Justru penyakit tidak menular yang semakin banyak diderita oleh masyarakat. Seperti serangan jantung, stroke, atau juga gejala darah tinggi. Ini semua menimpa masyarakat dikarenakan pola hidup dan makanan yang tidak terkontrol,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Chaidir Muchtar Ssos kepada BE kemarin (5/11).

Dijelaskan, sosialisasi germas ini dilakukan karena adanya pergeseran pola penyakit. Selama ini yang dikenal penyakit yang menular atau yang disebabkan nyamuk, seperti malaria, thypus, atau jenis penyakit menular lainnya. Nah, sekarang sudah terjadi pergeseran penyakit. Pasalnya, sekarang penyakit yang ada justru penyakit tidak menular (PTM). “Intinya sosialisasi ini agar masyarakat bisa hidup sehat sehingga bisa terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular,” imbuhnya.

Sosialisasi yang disampaikan petugas medis puskesmas berupa membiasakan beraktivitas olahraga setiap pagi atau aktivitas yang mengeluarkan keringat. Kemudian rajin makan buah dan sayuran, serta mengurangi makanan berlemak, ditambah bagi laki-laki tidak merokok dan tidak minum alkohol. Sekaligus rutin memeriksakan kesehatan.“Semua demi kebaikan bersama, serta hidup sehat bersama. Agar penyakit tidak menular yang mmebahayakan tidak menyerang masyarakat di Kabupaten Seluma. Ini menjadi tugas 22 puskesmas bersama tenaga medis untuk turun memberikan sosialsiasi,” pungkasnya. (333)