21 Peserta UN Tidak Hadir

Bup pantau UN 2015 di SMA 6
KOTA MANNA, BE – Pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di hari pertama kemarin, ternyata ada beberapa siswa peserta UN yang tidak hadir baik dari SMA maupun dari SMK. Adapun peserta yang tidak hadir tersebut sebelumnya sudah dinyatakan drop out (DO) oleh pihak sekolah.
“Ada 21 siswa yang tidak masuk, namun mereka sudah dicoret karena sudah berhenti, dengan begitu total peserta UN di BS tahun 2015 ini sebanyak 2.364 siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) BS, Ahmat Waif MM melalui kasi Kurikulum Dikmen, Amir Sofyan MPd kepada BE kemarin.
Menurut Amir, siswa yang DO tersebut yakni 15 orang dari SMA/MA dan 6 siswa SMK. Mereka tersebut yaitu, siswa SMA Pembangunan sebanyak 2 orang, Siswa SMA karya 3 orang, Siswa SMAN 4 sebanyak 2 orang, siswa SMAN 5 ada 2 orang, siswa SMAN 7 ada 2 orang dan SMAN 9 ada 1 orang serta SMA Muhammadiyah ada 1 siswa. Lalu dari MA Suka Negeri ada 1 siswa dan MAN Kota Manna ada 1 siswa. Setelah itu dari SMK yaitu siswa SMKN 1 sebanyak 3 siswa, SMKN 2 ada 2 siswa dan SMKN 3 ada 1 siswa. Adapun pelaksanaan UN di hari pertama kemarin berjalan sukses, sebab jumlah soal dan lembar jawaban kerja (LJK) lengkap. Selain itu tidak ditemukan soal-soal ataupun LJK yang rusak atau pun soal yang tidak terbaca oleh siswa.
“UN di hari pertama berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Amir.
Bupati BS, H Reskan E Awaludin SE dalam pantauannya terhadap kegiatan UN kemarin mengingatkan kepada peserta UN untuk tidak tergesa-gesa dalam menjawab soal UN. Hal itu diperlukan kehati-hatian agar, tidak salah dalam menjawab, serta dirinya pun meminta agar tidak lupa mengisi biodata dalam lembar LJK.
“Kerjakan soal UN dengan sungguh-sungguh dan berhati-hatilah agar tidak salah, semoga kalian semua lulus dengan nilai yang bagus dan pada akhirnya mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan yang dicita-citakan,” imbau Reskan kepada siswa peserta UN di sekolah yang dikunjunginya kemarin.
Sementara itu, beberapa siswa yang sudah selesai menjawab soal UN kemarin saat ditemui BE wajahnya terlihat cerah. Sepertinya mereka yakin mampu menjawab soal UN tersebut. “Soalnya gampang-gampang susah, mudah-mudahan banyak yang benar,” terang sejumlah siswa kemarin. (369)