21 Peserta Ujian Paket Gugur

KEPAHIANG, BE – Sebanyak 21 peserta ujian paket C di Kabupaten Kepahiang dipastikan gugur. Pasalnya, hanya 59 peserta yang mengikuti ujian dari 80 peserta yang didaftarkan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora).
Hal tersebut diakui Kadis Dikpora Zamzami Zubir SE MM melalui Kabid PLS Saparudin MPd, kemarin. “Peserta yang mendaftar di 3 pusat kegiatan belajar mengajar (PKMB) sebanyak 80 peserta, namun yang bersedia mengikuti jalannya ujian Paket C hanyalah 59 peserta,” ujarnya.
Dikatakannya, 3 PKBM yang melaksanakan ujian Paket C ini yakni PKBM Az-zahra, PKBM Cakrawala dan PKBM harapan bangsa. Ujian paket C sendiri diperuntukkan bagi peserta yang telah menyengam pembelajaran di masing-masing PKBM tersebut selama 3 bulan, sebelum dilaksanakan Ujian Paket C digelar.
“Ujian Paket C sudah berjalan selama 4 hari dari tanggal 13 sampai 16 April di SMAN 1 Kepahiang, dengan menggunakan 4 RKB milik SMAN 1. Materi ujian sebanyak 5 mata pelajaran, diantaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKN dan Sosiologi dan Matematika, ” jelasnya.
Menurutnya, peserta yang mengikuti ujian paket C tidak tergantung dengan umur dari 18 hingga 48 tahun, asalkan bersedia mengikuti ujian Paket C. “Hasil ujian dikirim ke Diknas Provinsi nantinya, dihari pertama, dikunjungi oleh kadis dikpora dan dimonitoring oleh pihak pusat,” terangnya.
Mengenai pengawas peserta ujian paket C selama ujian berlangsung, lanjut Saparudin, yakni pengawas dari guru SMA.
“Pada pelaksanaan ujian paket C, ini tidak disediakan ujian susulan, bagi yang sudah daftar namun tidak mengikuti bisa mengikutinya tahun depan, pengawas dari guru SMA 1,” tandasnya.  (505)