Senin, 10/12/2012 - 16:58 WIB
Kaur ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

2013, Tanpa Penerimaan CPNS

BINTUHAN,BE- Tahun 2013 untuk Kabupaten Kaur kemungkinan besar ditiadakan untuk Tes CPNS, mengingat  sesuai dengan anggaran yang ada, hanya 48 Persen belanja pegawai untuk tahun 2013. Namun jika ada penerimaan maka belanja gaji untuk tahun 2014 bisa mencapai 54 persen. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan pihak pusat. Namun demikian Pemkab Kaur akan berusaha kembali mengusulkan ke pusat formasi kebutuhan CPNS pada tahun 2013. Pemkab sendiri sebelumnya sudah mengusulkan seperti tahun lalu yakni  970.  Jika disetujui kemungkinan besar akan diprioritaskan tenaga Guru dan Kesehatan.

“Jika kita hitung belanja pegawai dari APBD memang tidak mencapai 50 persen, namun pihak pusat  meminta hitungan itu mencakup dengan CPNSD yang baru, hal ini jelas jika dihitung lebih 50 persen,” ujar  Kepala BKD Kaur Drs Rolan Haidi,  kemarin.

Sebelumnya, usulan tes CPNS untuk kebupaten kaur telah diusulkan ke Kementerian PAN dan RB. Lantaran penerimaan CPNS 2013 dilakukan setelah masa  moratorium berakhir pada 31 Desember 2012. Sehingga pihaknya sudah duluan memberikan data tersebut, disamping itu sudah ada 6 SKPD yang sudah mengirimkan analisis jabatan (anjab) sedangkan SKPD lainya masih dilakukan pendataan.
“Apakah nantinya disetujui yang kita usulkan nantinya, hal ini akan disesuaikan dengan hasil anjab tersebut, karena yang menghitung kurang atau lebihnya PNS pihak pusat,” jelasnya.

Dikatakanya, sesuai informasi pusat juga jika analisis anjab di Kaur sudah dikirimkan, kekurangan PNS tersebut sesuai hasil anjab. Namun bukan hanya anjab saja yang menjadi persyaratan tetap mengacu pendapatan APBD juga menjadi patokan pihak pusat. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka kabupaten Kaur sulit untuk membuka tes CPNS.

Disisi lain, untuk anjab SKPD yang belum diserahkan  BKN, saat ini pihaknya tengah melakukan penyusunan. Mengingat ada beberapa SKPD lagi yang kini masih dalam tahap pendataan. Kemudian juga anjab  Desember harus tuntas. Karena itu sebelum 31 Desember anjab akan dikirim ke pusat.
“Jadi, berapa kekuarangan PNS bisa dilihat pada akhir Desember nantinya, karena pendataan anjab masih butuh waktu yang panjang,” jelasnya.(823)
 

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved