200 Santri Bersihkan Pasar

Ari, santri bersih-bersih pasar (1)
CURUP, BE – Dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober kemarin, sebanyak 200 santri menggelar bakti sosial dengan membersihkan kawasan Pasar Bang Mego dan Pasar Atas.  Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Rejang Lebong, Drs HM Ch Naseh, MEd, ke-200 santri tersebut berasal dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Selain santri, kegiatan bakti sosial yang kita lakukan ini juga bersama pegawai Kemenag sendiri dan Polres Rejang Lebong.
“Dengan adanya kegiatan ini kita ingin memasyarakatkan santri,” aku Naseh.
Namun menurut Naseh yang terpenting dalam kegiatan bersih-bersih di pasar tersebut sebagai perwujudan pengamalan kebersihan sebagian dari iman.  Dimana menurut Naseh, kebersihan itu sangatlah penting dan kebersihan harus ada dimana-mana mulai dari pakaian, tempat kerja hingga ke pasar. Dengan selalu bersih, menurut Naseh akan lebih mudah untuk menghadap Allah.
“Selain itu tentunya kegiatan ini merupapakan wujud dukungan kita untuk Rejang Lebong yang bersih dan sehat,” tambah Naseh.
Sementara itu, terkait dengan dipilih nya pasar sebagai lokasi bakti sosial pada hari santri kemarin, menurut Naseh karena di pasar semua lapisan masyarakat ada, mulai dari pedagang, petani, masyarakat biasa hingga pejabat.  Dengan begitu pihaknya akan lebih mudah menanamkan budaya bersih yang terkandung dalam kegiatan bakti sosial yang mereka lakukan.
“Berbeda hal dengan bila kita lakukan di masjid, dimana hanya orang-orang tertentu saja yang mendatangi masjid,” demikian Naseh. (251)