2 Proyek di Seluma Terancam Putus Kontrak

proyek
Ilustrasi

TAIS,BENGKULU EKSPRESS– Dua paket proyek Di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Seluma terancam putus kontrak dan perusahaan pelaksana akan di Blakclist. Dari 70 paket fisik di Dinas PUPR Seluma sebanyak dua paket fisik ini yang terancam tidak selesai. Yaitu pekerjaan jalan hotmix Jengalu menuju Arau Bintang Kecamatan Sukaraja sepanjang 5,6 km dengan anggaran 11 miliar dan pekerjaan fisik jembatan Simpur Hijau Kecamatan Ulu Talo dengan anggaran 7.4 Miliar.

“Kita akan melakukan rapat dengan kontraktor pelaksana, tim Teknis dan TP4D untuk menanyakan kendala Pekerjaan dan Mengejar progres fisik pekerjaan jalan yang baru 60 persen dan jembatan masih dibawah 70 persen.kalau untuk yang lain saat ini sudah banyak yang PHO, “Kata Kepala Dinas PUPR Seluma, M Syaifullah ST MM kepada wartawan.

Dijelaskannya, Kalau tidak ada perubahan dalam jangka satu bulan ini pihaknya akan mengenakan sanksi tegas dengan pemutusan kontrak kerja. Sehingga pekerjaan yang di kerjakan terhenti dan tidak bisa dilanjutkan. Ataupun bisa di kerjakan dengan pembayaran denda keterlambatan kerja. Di hitung perharinya dan nilai besar proyek fisik tersebut.

“Kalau tidak selesai, kita oknam dulu dan dibayar apa yang ada di lapangan serta perusaahaan di blacklist. Kita lihat perkembangannya dalam bulan Desember kalau tidak ada kemajuan fisik kita putus kontrak, “sampainya Ditambahkannya, keterlambatan pekerjaan fisik ini diakibatkan Perencanaan dan pekerjaan fisik didalam satu tahun anggaran sehingga pekerjaan tidak tekejar lagi.

“Paket ini Item pekerjaannya banyak, sehingga kelemahaan kita pekerjaan fisik dan perencanaan didalam satu anggaran, untuk Fisk 2018 nanti Untuk anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) perencanaan jalan sudah di APBD P 2017 dan sudah dimulai ditahun ini sehingga tahun depan sudah bisa dilaksanakan pekerjaan fisik, sedangkan untuk yamg lain tetap perencanaan di 2018, “singkatnya.

Disampaikannya, Dana Alokasi Khusus (DAK) anggran APBN 2018 sebesar 40 Miliar, untuk pembangunan jalan, jembatan dan irigasi serta bidang cipta karya Di Kabupaten Seluma. Dengan pembagian pada tiga bagian yaitu Bidang Cipta Karya 18 Miliar, Bidang Bina Marga 18 Miliar dan Bidang Pengairan 4 Miliar. “Untuk Bidang Binarmarga ada penurunan 3 Miliar dari tahun 2017 sebelumnya 21 Miliar dan tahun 2018 menjadi 18 Miliar, Sedangkan Bidang Cipta Karya Ada kenaikan 10 Miliar di Tahun 2017 sebesar 8 Miliar dan ditahun 2018 menjadi 18 Miliar,sedangkan untuk bidang Pengairan Tetap 4 Miliar, ” pungkas Syaifullah. (333)