2.800 Pelajar Minum Susu

Ari, Kegiatan Gerimismas yang selalu dilakukan saat kegiatan Baksos yang digelar Pemkab Rejang Lebong

CURUP, BE- Memasuki akhir tahun 2014 ini, gerakan minum susu  bersama masyarakat (Gerimismas) terus dilakukan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL).  Program ini  dilaksanakan Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK.  Setidaknya telah menyentuh 2.800 pelajar  untuk minum susu.  “Dalam setiap kegiatan setidaknya kita bagikan 150 hingga 200 gelas susu kepada pelajar,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong Ir Amrul Eby.
Menurut Eby selama tahun 2014 ini setidaknya sudah ada 18 lokasi  dilakukan kegiatan Gerimismas. Lokasi tersebut tersebar di seluruh kecamatan.  Jumlahnya masih akan  akan bertambah mengingat masih ada kegiatan Baksos yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.  “Kegiatan ini masih sebatas pada kegiatan baksos dikarenakan minimnya dana yang kita miliki,” jelas Eby.
Sementara itu, untuk tahun 2015 mendatang pihaknya akan mempertahankan program tersebut, karena dinilai sangat penting. Untuk mempertahankan program tersebut pihaknya sudah mengajukan dana ke RAPBD 2015.
Eby berharap dana tersebut diakomodir.
Ia berharap alokasi dana untuk kegiatan ini bisa bertambah dan lebih banyak dari tahun 2014 ini.  Bila dana  dialokasikan untuk program ini bertambah. Pihaknya akan melakukan sejumlah terobosan. Diantaranya tidak hanya terpaku pada kegiatan Baksos saja melainkan akan mendatangi langsung sekolah-sekolah, khususnya di pelosok.
“Untuk tahun 2014 ini dana untuk program ini sekitar Rp 30 juta. Kita berharap pada tahun ini bertambah. Meskipun nilainya kecil namun manfaat program ini sangatlah besar,” jelas Eby
Lebih jauh Eby menjelaskan, program Gerimismas ini, selain memberikan manfaat kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa, juga memberikan mafaat untuk peternak Rejang Lebong. Mengingat susu yang digunakan untuk kegiatan ini merupakan hasil dari kelompok tani pengolahan susu di Kecamatan Selupu Rejang. “Selain menyehatkan, program ini juga membantu peternak kita, karena susu yang digunakan merupakan hasil dari Rejang Lebong ini sendiri,” jelas Eby.(251)