Selasa, 9/07/2013 - 12:10 WIB
Berita Utama | beonline - Bengkulu Ekspress

15.989 Calon Mahasiswa Unib Terdepak

IMG_5521BENGKULU, BE-  Hasil  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 resmi diumumkan pada pukul 17.00 WIB, kemarin (8/7).  Pasca pengumuman tersebut, Rektor Unib Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D langsung menggelar jumpa pers dan menjelaskan  tahun ini Universitas Bengkulu (Unib) menerima sebanyak 1.520 mahasiswa jalur SBMPTN. Jumlah itu lebih kecil dari jumlah  total  calon mahasiswa yang  telah memilih  Unib secara nasional sebanyak 17.509 mahasiswa. Dengan jumlah tersebut  artinya  sebanyak 15.989 calon mahasiswa Unib  terdepak. (Baca pengumuman halaman 11)
Dijelaskannya,  jumlah mahasiswa yang diterima lebih banyak  dari kuota awal sebanyak 1.004. Penambahan kuota tersebut, sekaligus menutupi jumlah peserta   Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri  yang   tidak melakukan daftar ulang. “Jumlah itu lebih banyak dari kuota awal, karena  sebanyak 400 siswa yang lolos SNMPT tidak mendaftar  ulang, dan jika SBMPTN masih ada kuota kosong maka akan dialihkan pada SPMU, ” katanya.
Pengisian itu secara otomatis dilakukan  untuk mengisi kekosongan   kuota SNMPTN. Selanjutnya mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam SBMPTN  tersebut akan diterima pada 34 program studi yang tersebar di 7 fakultas dan program studi kedokteran.  Seleksi yang dilakukan sangat ketat, baik itu untuk Sainstek maupun Soshum.  “Total jumlah peminat ke Unib melalui SBMPTN tahun ini mencapai 17.509 orang. Keketatan masuk program studi kelompok Soshum Unib adalah 6,51 persen. Misalnya  dari 100 peserta hanya 6 yang diterima, begitu juga dengan keketatan kelompok Saintek 11,9 persen. Fakultas favorit masih  fakultas kedokteran, teknologi informasi dan akutansi,” ungkapnya.
Daftar peserta SBMPTN yang lulus dapat diakses melalui website resmi www.unib.ac. id atau http://admisi.unib.ac.id serta melalui papan pengumuman di bagian registerasi gedung Rektorat Unib, serta bisa juga melihat di koran Bengkulu Ekspress. Peserta yang dinyatakan lulus, terangnya  diwajibkan melakukan pendaftaran ulang   mulai tanggal  15 – 19 Juli 2013, dengan syarat ketentuan yang bisa dilihat  pada  http://admisi.unib.ac.id.
Bagi mereka yang tidak beruntung, jelas Zainal   agar tidak berkecil hati karena calon mahasiswa masih bisa masuk ke Unib  melalui jalur mandiri atau  dikenal sebagai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unib (SPMU). Saat ini  mulai dibuka dan ditutup pada 18 Juli mendatang. Pendaftaranya pun dilakukan secara online. Sedangkan ujian akan berlangsung selama tiga hari terhitung 20 Juli mendatang.
Sementara itu  hadir dalam   jumpa pers di gedung rektorat Unib itu antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Fahrurrozi selaku Ketua Panitia Lokal SBMPTN, Yulian Fauzi selaku Sekretaris, Kepala Biro AAKPSI Drs. Proklampiati dan Ketua Humas Unib Suharyanto. (247)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


8 + = sebelas

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved