Selasa, 4/12/2012 - 14:19 WIB
Seluma Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

14 Camat Studi Banding Pajak

TAIS, BE-Seluruh camat se-Kabupaten Seluma akhirnya dipastikan berangkat ramai-ramai studi banding mekanisme pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB). Sebanyak 14 camat yang ada dibagi menjadi 2 kelompok, 7 orang 7 orang diberangkatkan ke Kabupaten Bogor Jawa Barat dan ke Kota Bandar Lampung, Lampung. Waktu studi banding selama seminggu.

Konsekuensinya pemberangkatan tour tersebut, Pemkab Seluma terpaksa mengeluarkan dana APBD ratusan juta untuk biaya perjalanan, penginapan, konsumsi hingga uang saku para camat itu.

Kabag Humas Protokol Pemkab Seluma, Mulyadi Joyo Martono SSos MM membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, hingga kemarin sekretariat Pemkab Seluma sudah merencanakan keberangkatan camat dari tanggal 9 sampai 15 Desember 2012 mendatang.
“Rencana kegiatan studi banding PBB camat jadi dilaksanakan. Kalau tidak ada perubahan jadwal, tanggal 9 sampai tanggal 15 nanti,” kata Mulyadi. Dikatakan Mulyadi, studi banding tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk merealisasikan program pemungutan PBB yang akan dilakukan langsung oleh Pemkab Seluma mulai tahun 2014 mendatang.

Terpisah, Wakil Ketua II DPRD Seluma, Ir H Mychlis Thohir mengingatkan Pemkab Seluma untuk serius mempersiapkan program pemungutan PBB oleh Pemkab secara langsung itu. Katanya, jangan sampai nanti ketika program direalisasikan, lebih besar biaya pungut dari pada PBB yang dipungut.

”Kita minta semua persiapan harus dimatangkan untuk program pemungutan PBB itu. Semua biaya mulai dari awal termasuk studi banding camat, pelatihan perangkat pemungut dan biaya yang terkait lainnya harus dihitung, jangan sampai lebih mahal dari pada pungutan PBB-nya,” kata Muchlis Thohir. (444)

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved