13 THL Diangkat CPNS

PNS

TAIS, BE– Tenaga honorer lepas (THL) Seluma resmi diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Berkas sebanyak 13 orang THL diserahkan di Alun-alun Kecamatan Ungaran Provinsi Jawa Tengah (11/4). Selain itu, kabupaten Seluma juga mendapatkan penghargaan sebanyak 5 unit traktor pertanian.

Setelah Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH ikut mendukung penuh agar penyuluh pertanian dari tenaga honor lepas(THL) bisa diangkat jadi PNS. “Alhamdulillah 13 orang tenaga penyuluh dari THL diangkat menjadi CPNS serta 2 gagal setelah usianya telah lebih dari 35 tahun dan beruntungnya lagi Bupati kita mendapatkan penghargaan berupa traktor sebanyak 5 unit,” ujar Plt Kepala Dinas ketahanan pangan kabupaten Seluma Syaiful Anwar Ms SE kepada BE ketika di hubungi melalui Ponselnya.

Disampaikan, jika sebelumnya sebanyak 15 orang tenaga penyuluh dari tenaga honorer lepas (THL) masuk data base seleksi CPNS. Hanya saja, terdapat 2 orang tidak lulus setelah melewati usia 35 tahun. Disampaikan, jika berkas kelulusan tenaga penyuluh THL ini dinyatakan lulus setelah di serahkannya secara langung oleh Kementrian Pertanian melalui Kaposlu guna peningkatan hasil pertanian. “Dalam penyerahan formasi CPNS ini kita mendapatkan penghargaan dan ini akan kita proses lebih lanjut agar bisa dibawa ke Seluma,”imbuhnya.

Disampaikan, dari keseluruhan peserta yang hadir hanya 10 kabupaten kota yang langsung di hadiri oleh bupati. Sedangkan Seluma Bupati H Bundra Jaya SH MH langsung ikut hadir sehingga mendapatkan penghargaan sebanyak 5 unit traktor. Sedangkan daerah yang di hadiri oleh wakil bupati hanya mendapatkan 3 traktor saja. “Kita dianggap ikut mendukung program ini sehingga mendapatkan penghargaan,”tegasnya singkat.

Sementara itu, Plt Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ikwan Ssos membenarkan dengan penyerahan kelulusan berkas terhadap tenaga penyuluh dari tenaga honorer lepas (THL) sebanyak 13 orang tersebut. Sehingga kedepan mereka yang sudah di nyatakan lulus ini tetap akan terlebih dahulu untuk melengkapi keseluruhan berkas mereka untuk di usulkan mengeluarkan NIP ke BKN Palembang. Sehingga barulah di tetapkan SK bupati Seluma. “Mereka tetap melengkapi berkas untuk mengusulkan NIP sehingga mereka yang lulus ini sudah di ketahui secara pasti siapa saja,”imbuhnya.

Diketahui, pada 2016 sebanyak 15 orang tenaga penyuluh dari THL masuk database seleksi CPNS. Dari yang ada hanya 15 orang ini yang telah memenuhi syarat untuk ikut CPNS yang diselenggarakan Kementerian Pertanian. Saat ini Kabupaten Seluma memiliki 105 orang tenaga penyuluh dari PNS dan THL. Untuk THL sendiri jumlahnya sebanyak 43 orang.

Sisanya diangkat menjadi tenaga kontrak penyuluh oleh Kementerian Pertanian. Gaji mereka dibayarkan kementerian langsung. Penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan juga, seperti kelompok penyuluh fungsional sebanyak 11 orang. Kemudian di Kecamatan Sukaraja 23 orang, Lubuk Sandi 17 orang, Talo 12 orang, Seluma Timur 10 rang, Seluma 17 orang, Semidang Alas Maras (SAM) 14 orang, SA 15 orang, Ilir Talo 13 orang, dan Kecamatan Seluma Selatan 15 orang.(333)