12 Penderita HIV Jalani Pengobatan

 25 orang penderita HIV/Aids.
25 orang penderita HIV/Aids.

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mencatat sebanyak 12 penderita HIV/Aids di daerah tersebut positif setelah di lakukan pemeriksaan. Saat ini belasan orang tersebut tengah menjalani pengobatan.

“Secara prevalensi angka penderita HIV/Aids di daerah ini cukup tinggi. Dengan hitungan 6,6 persen per seratus ribu penduduk,”ungkap Kadinkes Kabupaten Mukomuko, Jun Harto melalui Sekretaris Bustam Bustomo di dampingi Konselor HIV/Aids Kabupaten Mukomuko, Asmaniati, kemarin (1/2). Menurutnya, 12 penderita tersebut saat ini tengah menjalankan pengobatan. Untuk identitas penderita sangat di rahasiakan. “Belasan penderita HIV/Aids itu tersebar di kabupaten Mukomuko dan dalam pengawasan serta pengobatan,”katanya.

Namun secara komulatif, kata Asma, di daerah ini sebanyak 25 orang penderita HIV/Aids. Dari jumlah tersebut ada yang sudah pindah domisili, meninggal dunia dan ada pula yang tidak mau di obati. Untuk meminimalisir dan pencegahan jumlah penderita HIV/Aids bertambah. Pihaknya terus memaksimalkan sosialisasi dan penyuluhan. Termasuk melakukan pengecekan darah, terutama kepada ibu hamil.

Ia juga menyampaikan, agar masyarakat tidak menjauhi para penderita HIV/Aids.Karena penularan tidak semudah yang selama ini di bayang-bayangkan masyarakat. Seperti bersalaman, menggunakan handuk secara bersama, makan dan minum berdua dan lainnya. Tetapi penularan HIV/Aids itu melalui darah, cairan kelamin laki-laki dan perempuan serta air susu ibu.
“Diluar itu, penyakit tersebut tidak menular,” bebernya. (900)