11 Pejabat Nonjob Dilantik

pejabat lantikBENGKULU, BE – Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda melakukan pelantikan terhadap 11 pejabat yang sebelumnya dinonjobkan.  Pelantikan yang bertempat di ruang aula gedung C RSUD Kota ini berlangsung pada pukul 18.20 WIB kemarin (16/2), yang dihadiri seluruh SKPD dan FKPD.  Hal ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang meminta agar kepala daerah (walikota) untuk segera mengembalikan 11 pejabat yang pernah dinonjobkan sebelumnya ke posisi jabatan semula atau jabatan setingkat (lihat grafis).   Namun, dari 11 pejabat tersebut, 2 diantaranya tidak hadir, yakni Sarimuda Wasta sebagai    Sekretaris Tata Ruang dan Perumahan dan Panca Nawan,    Kabid pada Dinas Tata Kota.
Ketidakhadiran 2 pejabat ini diindikasikan karena posisi semula  2 pejabat tersebut sudah ditempati oleh pejabat lain yang sudah definitif.
Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) M Husni, tidak dapat memberikan komentar apapun kepada awak media, terkait penempatan posisi 2 pejabat lainnya tersebut.  “Jadi 2 orang yang tidak hadir itu, murni ketidakhadirannya karena tidak sempat, sudah kita undang dan ditelepon tetapi beliau berhalangan hadir sehingga tidak bisa dilantik pada hari ini.  InsyaAllah itu akan tetap dilanjutkan, karena ini utuh sesuai dengan yang direkomendasi KASN,” kata Kabag Humas Setda Kota Bengkulu, Salahuddin Yahya kepada BE, kemarin.
Sedangkan, untuk rekomendasi dikembalikan ke jabatan semula  terhadap empat PNS lainnya seperti Dirwan Ardiansyah selaku staf ahli walikota bidang kemasyarakatan dan sumber daya aparatur, kemudian Gianto selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pajar S. Hutabarat selaku Camat Muara Bangkahulu, serta Rapiin selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Penyuluhan, akan dilakukan berikutnya.
Salahuddin menyampaikan bahwa untuk fase pertama  yang dilakukan pelantikan adalah 11 pejabat struktural terlebih dahulu.
“Nah, bahwa masih ada juga yang lain, itu tentu masih dalam tahap pengkajian berikutnya.  Alhamdulliah Ibu Wawali dengan tegas mengambil kesimpulan bahwa sesuai dengan perintah KASN, Pemda Kota Bengkulu patuh dengan aturan dan melaksanakan rekomendasi itu hari ini kita saksikan bersama dan insyaAllah ke depan sudah tidak jadi polemik lagi,” papar Salahuddin.
Terpisah dari itu, Fachruddin Siregar yang saat ini telah resmi dilantik kembali menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Bengkulu, mengungkapkan bahwa dengan pelantikan tersebut menunjukkan suatu komitmen dari awal bersama pejabat lainnya sudah terwujudkan. Dan dirinya akan langsung mempersiapkan diri untuk kembali menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Sekwan.
“Bukan kita mencari musuh ya, tetap ini sesuai dengan aturan yang ada, makanya kita tidak juga ingin orang berpihak kepada kita, tetapi berpihaklah kepada ketentuan dan keadilan yang ada. Artinya aturanlah yang kita patuhi semua dalam melaksanakan tugas,” tutur Fachruddin usai dilantik, yang tidak dihadiri Sekda kota ini.
Sementara, Koordinator Bidang Litigasi Hukum Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri Provinsi Bengkulu Rofiq Sumantri menjelaskan bahwa hal ini membutkikan rekomendasi KASN itu telah ditindaklanjuti oleh Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda. Sehingga pihaknya sebagai fasilitasi LKBH korpri mengaku haru dan memberikan penghormatan, terhadap proses pengembalian pejabat nonjobkan ini.
“Tentu langkah lanjut proses ini masih menyisakan 2 diantaranya Pak Sarimuda Wasta, dan Saudara Panca Nawan.  Kita masih menunggu proses itu, dan artinya kami akan mengawal secara baik,” ucap Rofiq. (805)

Daftar Pejabat yang Dilantik

Nama    Jabatan    Keterangan

1. Drs H Fachrudin Siregar MM    Sekretaris DPRD Kota    Sudah Dilantik

2. Drs Murni Hasan    Staf Ahli Bid Pembangunan    Sudah Dilantik

3. Drs Bakhsir MM    Ka Badan Narkotika    Sudah Dilantik

4. Muhipin SSos    Kepala Disnakerpora    Sudah Dilantik

5. Jahin Liha SSos    Kasatpol PP    Sudah Dilantik

6. Supin AR    Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos    Sudah Dilantik

7. Edwar Happy SSos    Kabag Perlengkapan Setda    Sudah Dilantik

8. Yusman SSos    Kabag Administrasi SDA Setda    Sudah Dilantik

9. Selupati SH    Kadis Hubkominfo    Sudah Dilantik

10. Sarimuda Wasta    Sekretaris Tata Ruang dan Perumahan    Belum Dilantik

11. Panca Nawan    Kabid Dinas Tata Kota    Belum Dilantik