1 Puskesmas 1 Dokter

PEMERINTAH Provinsi Bengkulu terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Salah satunya adalah menyediakan dokter minimal satu orang untuk di setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), baik Puskesmas induk maupun Puskesmas pembantu.
Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, dari 180 Puskesmas yang tersebar di seluruh Provinsi Bengkulu,  11 Puskesmas diantaranya  belum memiliki dokter. Sedangkan 169 Puskesmas sudah mempunyai dokter, walaupuan masih terbatas hanya 1 orang dokter.
“Saat ini pemerintah Provinsi sedang berupaya agar Puskesmas yang ada memiliki satu atau dua dokter jaga, apalagi di Puskesmas induk yang sudah mempunyai IGD 24 Jam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H Amin Kurnia SKM MM melalalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Lisyenti Bahar SKM, kemarin.
Bukan hanya berupa meningkatkan tenaga dokter saja, namun juga membenahi fasilitas atau alat medis yang ada di Puskesmas agar dokter yang ada di Puskesmas tersebut asal mendiagnosis penyakit pasiennya.
”Selama ini masih ada dokter yang mendiagnosa saja tanpa ada proses cek di laboraturium terlebih dahulu. Untuk kedepan diharapkan dengan adanya perbaikan fasilitasi,  masyarakat pengguna BPJS maupun KIS yang mau berobat tidak harus ke rumah sakit tetapi cukup datang ke Puskesmas saja,” paparnya.
Kedepan, pihaknya juga meminta pengelola Puskesmas untuk terus memberikan layanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dengan tidak membeda-bedakan antara pasien umum dengan penggunakan kartu BPJS atau KIS.
“Jangan sampai pilih-pilih pasien, semuanya harus diberikan pelayanan yang sama oleh setiap Puskesmas,” tukasnya. (400)