Kamis, 17/10/2013 - 22:00 WIB
Pendidikan | beonline - Bengkulu Ekspress

1.587 Guru PAI Belum Sertifikasi

RATU SAMBAN, BE- Saat ini  jumlah guru Pendidikan Agama Islam (PAIS) yang belum mengikuti program sertifikasi masih sekitar 1.587 guru lagi. Ribuan guru tersebut tersebar di kabupaten/kota, baik ditingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-provinsi Bengkulu.
“Dari jumlah guru pendidikan agama Islam sebanyak 2085 guru, baru 498 guru yang telah berhak menyandang sertifikasi, sisanya 1.587 guru belum bersertifikasi,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Bengkulu, H Suardi Abbas, SH MH melalui Kasi Pendidikan anak usia dini dan pendidikan Dasar, Drs Aidi M pada BE kemarin.
Diakui jumlah guru yang belum bersertifikasi itu cukup banyak, ditingkat SD, SMP dan  TK. Rincianya untuk SD sebanyak 909 guru, SMP 332 guru, TK 161 guru, SMA 133 guru dan SMK  sebanyak 52 guru.  ” Jumlah itu diluar guru umum dibawah jajaran Kemenag, ” ujarnya disela-sela  pemotongan hewan kurban, kemarin.
Tahun ini Kemenag mendapatkan kuota sertifikasi sebanyak 280 guru. Artinya jika kuota itu terisi maka sisa kuota guru yang belum sertifikasi berkurang menjadi 1.307 guru. Kuota  yang dialokasikan  di Kemenag tahun ini jumlahnya relatif sedikit dibanding tahun sebelumnya yang mencapai hampir 300 kuota. Namun dengan kuota yang minim seperti ini dan dituntutnya guru harus telah bersertifikasi pada tahun 2014 sulit di realisasikan. ”Kita tetap  berharap dalam beberapa tahun mendatang, guru yang belum bersertifikasi itu sudah berstatus sertifikasi semua, sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan guru juga meningkat. (247)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


9 × = tiga puluh enam

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved