Ada Pungli, Laporkan!

KOTA MANNA, BE – Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengingatkan para pejabat di lingkungan Pemda BS agar bekerja profesional. Ia juga memastikan akan menindak pejabat yang suka memperkaya diri dari jabatannya seperti melakukan praktek pungutan liar (pungli) terhadap bawahannya.

“Kepala Dinas jangan coba-coba menyalahgunakan jabatannya dengan melakukan pungli atas pekerjaannya, kalau ada yang menjadi korban sang kepala dinas, laporkan pada saya,” katanya.

Gusnan mengaku,  saat ini banyak informasi beredar sebagian pejabat BS meminta buah tangan atau pun upah berupa uang dari bawahannya setiap bawahannya membutuhkan tandatangan. Jika mengetahui praktek tersebut, Gusnan akan melaporkannya ke polisi.

“Praktek pungli ataupun minta uang dalam mutasi termasuk kegiatan korupsi, kalau ada pejabat melakukan itu, pasti akan saya laporkan ke aparat penegak hukum,” ancamnya.

Ditambahkan Gusnan, saat ini sudah mulai merebak isu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga akan menggelar mutasi kepala sekolah dan guru. Isu tersebut sudah meresahkan para guru dan kepala sekolah. Sebab itu, Gusnan meminta guru atau kepsek segera melaporkan kepada dirinya, jika ada pejabat yang meminta upeti terkait mutasi tersebut.

Ditambahkan Gusnan, untuk mencegah praktek pungli ataupun sogok-menyosok di BS, Pemda BS sudah berkoordinasi dengan Polres BS. Pemda akan bekerja sama dengan Polres BS untuk memproses hukum jika ada pejabat yang suka korupsi.

“Kami sudah koordinasikan dengan Polres BS, untuk menindak pejabat yang suka menerima suap menyuap atau korupsi atau melakukan pungli, kami berkomitmen pemerintahan BS bebas dari ptaktek korupsi kolusi dan nepotisme (KKN),” demikian Gusnan. (369)